Jumat, 29 Juni 2012

Berbicaralah....!!!!


BERBICARALAH …. !!!! ( berkomunikasilah )

Apakah anda termasuk orang yang ketika naik kereta api diam saja dari berangkat sampai tujuan tanpa menyapa teman duduk disebelah anda ? apakah anda ketika di bangku kuliah selama dosen memberikan mata kuliah di kelas anda diam saja tanpa komentar sampai habis jam kuliah ? apakah anda ketika di dalam rapat anda hanya sebagai pendengar tanpa ada sumbangsih pikiran yang anda sampaikan ? atau apakah anda termasuk orang tua yang tidak banyak komentar ketika bercengkerama dengan anggota keluarga yang lain ? Kalau jawaban anda adalah ya , maka anda tidak sendiri. Ternyata banyak diantara kita yang mempunyai sifat dan sikap seperti itu. Berbagai sebab yang menjadikan seseorang menjadi pendiam atau tidak banyak bicara.
Sebab itu seringkali dikaitkan dengan peribahasa “ diam itu emas “. Tidak mau terlalu ikut campur urusan orang, berhati-hati, atau malah karena memang tidak mengerti permasalahan, egois, tidak mau tahu, pasrah saja tanpa adanya usaha, menganggap semua baik-baik saja, takut,  dan sebab yang lain.
Manusia diciptakan sebagai makhluk social yang harus bisa saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Banyak akibat positif dengan berkomunikasi. Diantaranya pesan menjadi tersampaikan, isi hati tersalurkan, mencegah penyakit hati, terpeliharanya persaudaraan, memelihara rejeki, terselesaikannya permasalahan, suasana menjadi cair, dan masih banyak lagi.
Sedangkan akibat negative dari kurangnya atau tidak terjalinnya komunikasi diantaranya bisa terjadi salah paham, sakit hati, renggangnya persaudaraan, dan akibat jelek lainnya.
Coba bayangkan seandainya di dalam lingkungan keluarga, tidak banyak saling bicara, bisa dingin kayak salju tuh suasana rumah tangga. Atau coba anda rasakan ketika didiemin oleh teman atau pasangan anda, bisa bete-kan.
Itulah pentingnya berkomunikasi, berbicara. Jangan hanya dipendam dalam hati, jangan hanya di bathin. Memangnya ilmu kebathinan. Suarakan, sampaikan. Bagaimana medianya berkomunikasi ( berbicara ) itu terserah anda dan dapat disesuaikan dengan kondisi.
Jadi berbicaralah ………….. !!!! bagaimana menurut anda ??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar